Senin, 22 April 2019

artikel ilmiah


PERAN BIDAN DI ERA DIGITAL


Oleh :
Fenty Agustini, SST., M.Kes


Perkembangan dunia teknologi saat ini berkembang semakin pesat semua mengarah serba digital. Era digital telah merubah manusia memasuki gaya hidup baru yang tidak bisa lepas dari perangkat yang serba elektronik, dengan perangkat serba elektronik apapun menjadi lebih mudah. Era digital bisa membawa dampak positif maupun dampak negatif, sangat tergantung kepada penggunannya. Dampak negatif dalam era digital menjadi tantangan besar yang harus dihadapi.
Era digital ini berkembang sangat pesat di segala bidang termasuk dalam bidang kesehatan khususnya kebidanan. Sudah banyak perkembangan komunikasi kesehatan yang biasanya dilakukan secara konvensional akhirnya bergeser ke arah digital. Tantangan dalam perkembangan era digital ini diantaranya adalah banyaknya berita-berita bohong atau hoax yang mudah sekali tersebar, dimana berita yang disebarkan tidak berdasarkan evidence based. Petugas kesehatan terutama bidan hendaknya menyediakan layanan komunikasi kesehatan yang lebih mudah dan kredibel dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Kemudian kesiapan para tenaga kesehatan pun sangat diperlukan dalam menghadapi digitalisasi yang semakin cepat.
Pengaruh positif dari perkembangan era digital ini bisa menjadi harapan dan peluang baik sebagai wahana edukasi kesehatan, promosi dan konsultasi kesehatan hingga teknologi dalam pelayanan kebidanan. Harapan besar justru berada pada tenaga kesehatan untuk lebih memperdalam ilmunya di era digital ini. Pada akhirnya, semua tergantung dari sisi mana kita memandang.



Tidak ada komentar :

Posting Komentar