Kamis, 02 Januari 2020

PERAN SARJANA KESEHATAN MASYARAKAT (2014)


PERAN SARJANA KESEHATAN MASYARAKAT

OLEH:
DR. Setiawan, SH, M.Kes


Reformasi dibidang kesehatan telah dimulai sejak tahun 1999, dalam reformasi pembangunan kesehatan ini memiliki lima fenomena yang berpengauh terhadap pembangunan kesehatan.Pertama, perubahan pada dinamika kependudukan.Kedua, Temuan-temuan ilmu dan teknologi kesehatan.Ketiga, Tantangan global sebagai akibat dari kebijakan perdagangan bebas, revolusi informasi, telekomunikasi dan transportasi. Keempat, Perubahan lingkungan.Kelima, Demokratisasi.
Perubahan pemahaman konsep akan sehat dan sakit serta semakin maju IPTEK dengan informasi tentang determinan penyebab penyakit telah menggugurkan paradigma pembangunan kesehatan yang lama yang mengutamakan pelayanan kesehatan yang bersifat kuratif dan rehabilitatif. Paradigma pembangunan kesehatan yang baru yaitu Paradigma Sehat merupakan upaya untuk lebih meningkatkan kesehatan masyarakat yang bersifat proaktif. Paradigma sehat sebagai model pembangunan kesehatan yang dalam jangka panjang diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk mandiri dalam menjaga kesehatan melalui kesadaran yang lebih tinggi pada pentingnya pelayanan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif.
Tenaga kesehatan masyarakat (Kesmas) merupakan bagian dari sumber daya manusia yang sangat penting perannya dalam pembangunan kesehatan dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN). Pembangunan kesehatan dengan paradigma sehat merupakan upaya meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menjaga kesehatan melalui kesadaran yang lebih tinggi pada pentingnya pelayanan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif.
Pelayanan promotif, untuk meningkatkan kemandirian dan peran serta masyarakat dalam pembangunan kesehatan diperlukan program penyuluhan dan pendidikan masyarakat yang berjenjang dan berkesinambungan sehingga dicapai tingkatan kemandirian masyarkat dalam pembangunan kesehatan. Dalam program promotif membutuhkan tenaga-tenaga kesmas yang handal terutama yang mempunyai spesialisasi dalam penyuluhan dan pendidikan.
Pelayanan preventif, untuk menjamin terselenggaranya pelayanan ini diperlukan parar tenaga kesmas yang memahami epidemiologi penyakit, cara-cara dan metode pencegahan serta pengendalian penyakit. Program preventif ini merupakan salah satu lahan bagi tenaga kesmas dalam pembangunan kesehatan. Keterlibatan kesmas dibidang preventif di bidang pengendalian memerlukan penguasaan teknik-teknik lingkungan dan pemberantasan penyakit. Tenaga kesmas juga dapat berperan dibidang kuratif dan rehabilitatif kalau yang bersangkutan mau dan mampu belajar dan meningkatkan kemampuannya dibidang tersebut.

1.      Berfikir secara system (system thinking)
Menyelesaikan masalah kesehatan bukan lagi bertumpu pada budaya masa lampau yang mementingkan kesenangan pimpinan, saat ini tenaga kesehatan masyarakat haruslah lebih proaktif dalam melihat permasalahan kesehatan masyarakat. Penyelesaiaan masalah secara proaktif membutuhkan cara berfikir system artinya harus terstruktur dan terarah pada satu tujuan yakni untuk kesejahteraan masyarakat. Beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain, adalah: proaktif mengembangkan dan menghasilkan ide-ide dan berpikir secara sistem (system thinking),proaktif mencari sumber dana pembangunan kesehatan, proaktif mengundang investor bidang kesehatan, dan proaktif melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga donor nasional dan internasional.
2.      Reformasi Promosi Kesehatan
Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan media (cetak dan elektonik) merupakan salah faktor penentu keberhasilan suatu program promosi kesehatan. Ketika pemerintah melakukan program kesehatan dengan melibatkan media gaungnya akan terasa lebih besar dibandingkan dengan tanpa media. Membaca teori manapun, para ahli kecenderungannya akan berkata demikian. Namun diera demokrasi saat ini publikasi sangatlah penting untuk sebahagian orang, dua hal akan muncul, pertama ide/gagasan promosi kesehatan akan nampak jelas dan memberikan pengaruh terhadap masyarakat, kedua foto sang pemberi ide/gagasan akan terlihat indah.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar