Kamis, 02 Januari 2020

Tunda Kehamilan Atau Jarangkan Kehamilan


Tunda Kehamilan Atau
Jarangkan Kehamilan

OLEH :
Hapi Apriasih, SST


Bagi pasangan suami istri, tidak ada yang lebih membahagiakan selain akhirnya memiliki momongan. Itulah mengapa kehadiran anak pertama sangat ditunggu-tunggu. Kini, setelah Anda memilikinya dan si buah hati sudah berumur satu tahun, apakah Anda menginginkan untuk segera mengandung lagi? Jangan terburu-buru. Ada baiknya Anda mempertimbangkan hal tersebut terlebih dahulu karena jarak kehamilan yang terlalu dekat dapat mempengaruhi fisik dan psikologi ibu dan anak.
Jarak kehamilan ideal yang direkomendasikan adalah antara 2 sampai 5 tahun. Ini tentu disarankan karena beberapa pertimbangan. Salah satunya adalah apabila persalinan pertama dilakukan dengan operasi caesar dimana proses penyembuhannya membutuhkan waktu lebih lama dibanding persalinan normal. Selain faktor tersebut, tentu menjaga jarak kehamilan ideal memiliki manfaat yang lain.
Manfaat menjaga jarak kehamilan
1.    Membantu ibu menuntaskan proses pemulihan persalinan: Untuk dapat mengandung lagi, seorang ibu harus dalam kondisi yang benar-benar memungkinkan. Apalagi apabila ia sebelumnya melahirkan anak pertama dengan proses operasi caesar, maka diperlukan konsultasi dengan dokter kandungan. Selain itu, beberapa ibu mungkin harus memperhatikan kemungkinan kehamilan beresiko karena mengidap diabetes, hipertensi dan lain-lain.
2.    Agar bayi sehat: Menjaga jarak kehamilan merupakan salah satu upaya untuk menjaga kondisi kehamilan berikutnya. ini penting juga agar janin tidak mengalami kelainan atau bayi lahir dengan berat badan yang kurang. Kemudian, selama proses penantian ke kehamilan berikutnya, persiapan produksi asi dapat lebih optimal, sehingga bayi yang kedua atau selanjutnya tidak mengalami kekurangan nutrisi dan asi setelah dilahirkan.
3.    Resiko nutritional deficiencies dapat dihindari: Karena kondisi yang belum pulih benar, seorang ibu sebaiknya menunda rencana kehamilan berikutnya. ini disebabkan oleh kemungkinan mengalami nutritional deficiencies seperti kekurangan zat besi dimana hal ini sangat berpengaruh pada masa kehamilan.
4.    Hubungan antara anak dan ibu terjaga: Anak pertama yang baru berusia satu tahun tentu masih sangat membutuhkan perhatian dan kasih sayang sang bunda. Jadi, akan lebih baik untuk menunda kehamilan berikutnya agar anak tersebut tidak merasa diacuhkan karena si ibu sedang hamil. Tidak ada salahnya untuk segera memiliki momongan lagi setelah ada anak pertama. Namun, perhatikan jarak kehamilan agar semua pihak siap secara fisik, mental dan tentu saja finansial.














Tidak ada komentar :

Posting Komentar